DOSEN FTIK-IAIN PURWOKERTO BERPRESTASI DALAM ENGLISH LANGUAGE LITERATURE EDUCATION DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegiaruan, menurut Wakil Dekan I bidang Akademik, Dr. Fauzi, M.Ag., iklim budaya akademik dosen FTIK-IAIN Purwokerto sedang terus ditingkatkan dengan memberikan kesempatan bagi dosen untuk terus belajar dan berkarier akademik di luar. Dengan cara ini, dosen-dosen FTIK-IAIN Purwokerto nantinya akan memiliki banyak prestasi akademik, baik dalam bidang riset, publikasi, dan keikutsertaan dalam forum ilmiah. Dengan kiprah akademik dosen di luar, maka nama baik FTIK-IAIN Purwokerto akan terus menasional dalam pengembangan akademik.

Dari sinilah, Yulian Purnama, S. Pd., M. Hum., dosen dan Kaprodi Tadris bahasa Inggris FTIK-IAIN Purwokerto, kemudian ikut serta dalam seleksi ELITE (English Language Literature Education), yang merupakan organisasi profesi yang mewadahi dosen bahasa Inggris di PTKI negeri maupun swasta di Indonesia. Melalui proses yang ketat dari ratusan dosen yang ikut serta, Yulian Purnama, S.Pd., M.A. terpilih menjadi salah satu dari lima peserta pelatihan organisasi yang diadakan oleh ELITE di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 6-8 Februari 2018.

Selain ELITE sebagai penyelenggara, kegiatan ini juga didukung oleh RELO (Regional English Language Officer) dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. RELO mendatangkan ahli dalam bidang English Language Specialist Assoc. Professor Greg Kessler. Dalam materi yang disampaikannya, Prof. Greg Kessler menyebutkan bahwa organisasi professional seperti ELITE harus mengedukasi para anggota dan pengurusnya agar bisa menyelenggarakan administrasi yang transparan dalam pendidikan.

Professor dari Ohio University ini juga menambahkan materi yang diperlukan agar organisasi seperti ELITE bisa mendukung anggotanya untuk bisa melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Acara ini dihadiri oleh Kepala RELO William Little dan Wakilnya Dian Safitri, serta Ketua Umum ELITE, Dr. Hj. Like Raskova yang juga Dosen Tadris Bahasa Inggris di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Usai acara, kegiatan dilanjutka dengan ramah tamah dengan Dekanat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim MALANG di kediaman Bapak Dekan FITK, Dr. Agus Maimun. Acara untuk menambah keakraban dosen-dosen anggota ELITE PTKAI Indonesia.

Menurut Yulian Purnama, S.Pd., M. Hum, melalui kegiatan yang diselenggarakan ELITE ini, dosen-dosen bahasa Inggris di lingkungan PTKAI jadi tahu tentang pengelolaan administrasi yang transparan dalam berkinerja di dunia pendidikan, sehingga akan semakin meningkatkan profesionalisme kinerja dosen. Lebih dari, itu, kegiatan ini juga menjadi forum antardosen bahasa Inggris di PTKAI untuk terus bisa bekerja sama dalam pengembangan akademik kelimuan bahasa Inggris. Semoga, kegiatan akademiki di luar FTIK-IAIN Purwokerto semakin banyak diikuti oleh dosen-dosen FTIK-IAIN Purwokerto ke depannya. Redaksi FTIK

Leave us a Comment