SEGUDANG PRESTASI PIAUD STUDIO SEBAGAI BASIS KREATIVITAS DAN INOVASI KEILMUAN PRODI PIUAD FTIK-IAIN PURWKERTO

image_url

PIAUD Studio adalah komunitas kreativitas yang dikembangkan oleh mahasiswa PIAUD-FTIK IAIN Purwkerto. Fokusnya pada pengembangan kreativitas dan inovasi keilmuan program studi pendidikan anak usia dini. Sejak berdiri pada tahun 2015, yang diprakarsai oleh Heru Kurniawan, M.A., selaku Kaprdi PIAUD-FTIK IAIN Purwokerto, PIAUD Studio langsung merekrut mahasiswa-mahasiswa kreatif dari Prodi PIAUD, dan bekerja keras mengembangkannya tanpa henti.

Di PIAUD Studio ini secara langsung mahasiswa dikembangkan kreatvitasnya dalam bidang pendidikan anak usia dini secara intensif, mulai dari mendongeng, menulis bacaan dan aktivitas anak, pantomim, menari, menulis ilmiah, seni suara, dan lain sebagainya. Kurikulum yang dikembangkan adalah pembelajaran secara langsung yang dilakukan bersama dengan mahasiswa setiap minggunya, dan evaluasinya adalah uji kemampuan melalui berbagai sayembara yang bertujuan untuk mengukur sampai berapa jauh mahasiswa telah mengemangkan kreativitasnya.

Dengan dua model ini, PIAUD Studio, yang sekarang dikomandoi oleh Ilham Nur Ramli, telah menyabet berbagai juara dalam bidang kreativitas mahasiswa antara lain seni musik, drama, alat permainan edukasi, mendongeng, dan pantomim baik dari tingkat regional, nasional, sampai internasional. Setiap ada kompetisi kreativitas, PIAUD Studio selalu mengirimkan delegasinya, dan pulang selalu dengan menyabet banyak juara.

Tidak hanya itu, melalui kreativitas menulis dan menggambar yang dikembangkan PIAUD Studio, mahasiswa-mahasiswa PIAUD Studio telah banyak menulis buku-buku bacaan dan aktivitas anak-anak yang terbit di Gramedia Group dan penerit lainnya.Sampai setiap bulan PIAUD Studio selalu menerima pesanan naskah buku dan gambar dari penerit-penerbit buku-buku bacaan dan aktivitas anak.

Menurut Ilham Nura Ramli, selama dua tahun ini, mahasiswa PIAUD Studio sudah menulis 25 buku yang terbit di berbagai penerbit. Dan kini puluhan buku sedang proses cetak untuk segera, dan mahasiswa terus menulis dan menggambar buku-buku bacaan dan aktivitas anak usia dini. Dari sini, mahasiswa anggota PIAUD Studio mendapatkan materi baik dari jual putus maupun royalti secara berkesinambungan dari penerbit.

Selaku Kaprodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto, Heru Kurniawan, M.A. mngungkapkan bahwa ini adalah inovasi keilmuan yang dikembangkan Prodi PIAUD. Setiap prodi memiliki basis keilmuannya sendiri, dan setiap bidang ilmu perlu inovasi yang real. Inovasi melalui berbagai saluran dan media yang bisa membuat mahasswa mampu mengkomunikasikan dan menjual gagasan berbasis prodi pada masyarakat, sehingga mahasiswa akan memiliki keterampilan khusus yang kelak akan mendatangkan banyak materi dan menunjang pekerjaannya setelah lulus nanti.

Lebih lanjut Heru Kurniawan, M.A. mengungkapkan harapannya semoga konsep pengembangan inovasi keilmuan Prodi PIAUD ini, melalui PIAUD Studio akan dikembangkan di Prodi lain di IAIN Purwokerto, sebab kenyatannya, sekarang banyak Prodi di kampus PTKAIN yang belajar dari PIAUD Studionya Prodi PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto untuk dikembangkan di kampus lain. Ini menjadi kebanggaan kita sekaligus tantangan agar pengembangan inovasi dan kreativitas mahasiswa PIAUD FTIK-IAIN Purwokerto melalui PIAUD Studio menjadi yang terunggul sebagaina visi kampus kita tercinta. (Red FTIK)

Leave us a Comment