MENINGKATKAN KUALITAS JURNAL INSANIA FTIK-IAIN PURWOKERTO MELALUI WORKSHOP EVALUASI AKREDITASI JURNAL NASIONAL

image_url

Komitmen Fakulats Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dibuktikan melalui ditingkatkannya pengelolaan Jurnal Insania, Jurnal milik FTIK-IAIN Purwokerto. Peningkatan pengelolaan Jurnal Insania ini dibuktikan dengan pengelolaan Open Jurnal System (OJS) Jurnal Insania yang sudah bisa diakses dan diunduh artikel-artikelnya yang terit sejak tahun 2006-2017. Pengembangan publikasi pun sudah dilakukan dengan basis elektronik jurnal. Artinya, sirkulasi dalam mengirimkan artikel, pemuatan artikel, dan publikasi sudah menggunakan basis elektronik jurnal yang bisa diakses oleh siapapun dan kapan saja.

Dengan upaya yang telah dilakukan ini, Jurnal Insania berencana mengajukan akreditasi pada tahun 2019. Untuk itu, dalam mendukung tujuan ini, pada Kamis, 21 Desember 2017, Redaksi Jurnal Insania menadakan Workshop Evaluasi Akreditasi Jurnal Nasional, yang dilaksanakan di Ruang Microteacching FTI-IAIN Purwokerto. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Warto, M. Kom, yang merupakan pengelola Jurnal terakreditasi IBDA dan Relawan Jurnal Indonesia.

Dalam penjelasannya, Warto, M. Kom, mengungkapkan bahwa Jurnal Insania kategori dalam junral yang memiliki progress bagus, dan pengelolanya sangat baik. Maka, dengan capaian yang sekarang, dan dengan sering diadakan pelatihan secara intensif seperti ini, maka tahun 2019 Jurnal Insania sudah bisa mengajukan akreditasi, dan harapannya bisa terakreditasi. Untuk mewujudkan ini, Redaksi Jurnal Insania harus terus meningkatkan penguasaan dan keterampilannya dalam pengelolaan elektronik jurnal, seperti yang akan dibahas dalam workshop kali ini.

Dari snilah, Dekan FTIK-IAIN Purwokerto, berharap banyak Jurnal Insania yang progresnya baik, terus bisa dikelola secara profesional sehingga mampu menjadi asset FTIK-IAIN Purwokerto dalam publikasi ilmiah. Dan tentu saja harapan terbesarnya bisa segara terakreditasi karena dengan terakredtasi, maka Jurna Insania akan menjadi jurnal rujukan banyak sivitas akademik di berbagai perguruan tinggi untuk publikasi ilmiah di Jurnal Insanis, sehingga akan menjadi kekuatan dalam memajukan FTIK-IAIN Purwokerto (Re. Eftik).

Leave us a Comment