STUDI BANDING STAIN KUDUS KE FTIK IAIN PURWOKERTO BELAJAR SOAL AKREDITASI DAN TATA KELOLA PRODI

image_url

Selasa, 19 Desember 2017, Pukul 08.00 diadakan acara studi banding dari Jurusan Tarbiyah STIAN Kudus ke FTIK-IAIN Purwoketo, dan di hadapan puluhan pejabat Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto, Rektor IAIN Purwokerto, Dr.  A. Luthfi Hamidi, M.Ag., memperkenalkan para pejabat ketua jurusan, sekretaris jurusan, dan kaprodi di FTIK-IAIN Purwokerto. Usai memperkenalkan, Raktor IAIN Purwokerto menyampaikan sambutan apresiatif atas kunjungan studi banding Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus tentang keistimewaan IAIN Purwokerto dari aspek akreditasinya.

Di FTIK-IAIN Purowkerto, tiga prodi lama Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) telah terakreditasi A. Beberapa prodi baru sedang proses akreditasi dengan target B. Ini menunjukkan bahwa FTIK-IAIN Purwokerto sedang mengembangkan diri menjadi kampus berkualitas dengan sistem pelayanan dan pengembangan yang bagus. Dari sinilah, sekarang IAIN Purwokerto sering menjadi rujukan bagi kampus lain untuk belajar akreditasi dan penjaminan mutu.

Untuk itu, dengan keistimewaan FTIK-IAIN Purwokerto ini, maka Dr. H. Abdul Karim, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus menyatakan bahwa pejabat dari lingkungan FTIK-STAIN Kudus datang untuk belajar di FTIK-IAIN Purwokerto soal akreditasi dan pengelolaan prodi. Sehingga, ke depannya Prodi Jurusan Tarbiyah di STAIN Kudus, sebelum menjadi IAIN Kudus, bisa melakukan penyesuaian dsetelah alih status, dan bisa mengembangkan program akreditasi dan tata kelola yang lebih baik lagi.

Setalah sambutan acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Prodi di Jurusan Kudus dengan FTIK IAIN Purwokerto. Dengan Mou ini, menurut Dekan FTIK-IAIN Purwokerto, diharapkan akan terjadi kerja sama yang baik antara IAIN Purwokerto dengan STAIN Kudus dalam pengembangan kelembagaan dan peningkatan akreditasi prodi.

Selanjutnya, untuk saling belajar dalam pengelolaan prodi, masing-masing Ketua Prodi di FTIK IAIN Purwokerto dengan STAIN Kudus melakukan diskusi yang intensif soal pengelolaan prodi. Dengan diskusi intensif ini masing-masing prodi kan saling belajar untuk peningkatan program prodi yang lebih baik lagi (Redaksi Eftik).

Leave us a Comment