PRAKTIKUM MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

image_url

Program studi Tadris Matematika FTIK IAIN Purwokerto telah sukses menyelenggarakan praktikum mata kuliah Media Pembelajaran Matematika pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 di Laboratorium MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kegiatan praktikum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Tadris Matematika angkatan 2016 sebanyak 43 mahasiswa. Adapun sebagai fasilitator yaitu Dr. Mutijah, M.Si. dan Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc.
Dr. Mutijah, M.Si. yang juga merupakan kaprodi Tadris Matematika menyampaikan bahwa banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang sebagian besar merupakan konsep abstrak melatarbelakangi perlunya praktikum ini. Dengan terlaksananya praktikum ini, selain mahasiswa mudah memahami konsep matematika yang diberikan, mahasiswa juga diharapkan dapat membuat inovasi media pembelajaran berupa alat peraga untuk mempersiapkan diri dalam proses pembelajaran di Sekolah nantinya jika sudah menjadi guru.
Praktikum ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mahasiswa mempraktikan alat peraga pembelajaran matematika untuk siswa SMP yang difasilitasi oleh Dr. Mutijah, M.Si. Pada sesi ini konsep yang dipelajari antara lain membuktikan rumus phytagoras, membuktikan luas bangun datar dan membuktikan volume bangun ruang. Kemudian untuk sesi kedua mahasiswa mempraktikan alat peraga untuk siswa SMA yang difasilitasi oleh Dr. Fajar Hardoyono, M.Sc. Pada sesi kedua ini mahasiswa mempelajari limit deret geometri, limit deret seperempat, dan peluang suatu kejadian.

 

Leave us a Comment