FTIK Melepas 395 Lulusan Sarjana Periode September 2017

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto melepas 395 lulusan Sarjana di Auditorium IAIN Purwokerto, Selasa 19 September 2017. Acara pelepasan tersebut selain dihadiri oleh pejabat FTIK, Kaprodi dan Sekretaris Jurusan, turut hadir pula Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II IAIN Purwokerto. Menurut Dr. Fauzi, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, dalam laporannya menyebutkan bahwa dari 395 mahasiswa FTIK yang dilepas terdiri dari 199 lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam, 132 lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 31 lulusan manajemen Pendidikan Islam dan 33 lulusan Pendidikan Bahasa Arab.. Waktu studi rata-rata tingkat Fakultas pada periode ini meningkat dari periode wisuda sebelumnya. Pada periode wisuda Maret 2017 rata-rata massa studi selama 5 tahun 1 bulan dan pada periode ini meningkat menjadi 4 tahun 10 bulan. Fauzi mengatakan bahwa meningkatnya rata-rata masa studi ini dikarenakan strategi percepatan pengajuan judul berhasil dilakukan. Peningkatan rata-rata masa studi fakultas ini juga diiringi oleh peningkatan rata-rata masa studi tiap program studi.

IMG_5120
Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata tingkat Fakultas adalah 3,46 meningkat dari periode sebelumnya yaitu 3,34, sedangkan untuk prodi PAI 3,47, PBA 3,48, MPI 3,45 dan PGMI 3,45. IPK tertinggi tingkat Fakultas 3,97 diraih oleh Rifqi Abdul Rosyad dari prodi Manajemen Pendidikan Islam. Sedangkan IPK tertingi tingkat prodi PAI 3,95 diraih oleh M. Mudrik Maulana, prodi PBA 3,79 diraih oleh Farizatul Hasanah, dan PGMI 3,86 diraih oleh Rina. Adapun jumlah mahasiswa yang mendapat predikat cumlaude di tingkat Fakultas sebanyak 44% dari wisudawan atau 173 mahasiswa.
Selain memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan predikat tersebut di atas, Dr. Fauzi, M.Ag. juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan naskah skripsi berbahasa asing. Pada pelepasan periode ini, FTIK memberikan penghargaan kepada 18 Mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Arab dan 10 mahasiswa yang menulis naskah skripsi berbahasa Inggris.
Dekan FTIK, Kholid Mawardi, S.Ag., M.Hum. dalam pidato sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya. “Proses perkuliahan yang Anda lalui selama ini memang tidaklah mudah, banyak cobaan dan tantangan yang dihadapi selama studi. Semua ini bisa berhasil berkat perjuangan Anda dan orang tua,” pangkasnya.
Dalam kesempatan itu, Dekan mengajak para wisudawan untuk selalu bersyukur atas semua yang telah dicapai dan perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. “Harus mampu meningkatkan kemampuan daya saing dan daya tahan, ternyata daya tahan itu paling penting. Kalau pun gagal, harus bangkit dan maju kembali,” terangnya.
Menurutnya, Alumni FTIK IAIN Purwokerto harus bisa berkarya untuk meningkatkan kualitas manusia di Indonesia. Harapannya alumni dapat membuat yayasan pendidikan formal atau nonfromal di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu beliau juga berharap alumni FTIK tidak hanya berorientasi mendapat pekerjaan tetapi juga berorientasi menciptakan lapangan kerja. (Ftw)

Leave us a Comment