WORKSHOP ALUMNI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN PERIODE MARET 2017

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto, terus berbenah dalam meningkatkan mutu dan kualitas alumni. Langkah ini sejalan dengan dengan visi FTIK yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pendidikan islam nusantara. Workshop yang diselenggarakan di bawah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2017 bertempat di Auditorium Utama IAIN Purwokerto. Auntusiasme peserta terlihat dari jumlah peserta yang hadir hampir 100% dari alumni memenuhi acara workshop ini.

Drs.H. Yuslam, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dalam sambutannya menjelaskan bahwa akhir-akhir ini muncul fenomena memprihatinkan dimana banyak lulusan FTIK yang bingung dan gamang setelah lulus akan melakukan langkah apa. Sebagian dari mereka justru merasa tidak nyaman ketika lulus dari FTIK apalagi jika belum mendapatkan pekerjaan. Beliau melanjutkan bahwa bukan hanya lulusan FTIK saja  yang bingung langkah apa yang harus dilakukan setelah lulus, hampir semua alumni di Perguruan Tinggi lainpun merasakan hal yang sama.

Kholid Mawardi, M.Hum. selaku Dekan FTIK dalam sambutannya menambahkan bahwa lulusan memiliki beban yang tidak ringan ketika sudah kembali ke masyarakat karena tuntutan masyarakat yag begitu besar kepada lulusan FTIK. Tidak hanya berkontribusi dalam hal pendidikan agama, lulusan FTIK juga dituntut untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka mampu bekerja serta mengambil bidang-bidang di luar dunia pendidikan. Mereka memiliki tanggung jawab agar FTIK terus mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Didasarkan atas realitas di atas, perlu untuk mengadakan workshop sebelum mereka benar-benar terjun di masyarakat. Tujuan workshop itu adalah dalam rangka membekali lulusan FTIK tentang gambaran dunia yang akan mereka hadapi ketika sudah lulus nanti. Diharapkan lulusan FTIK mampu berinovasi dan berkreasi untuk terus mengembangkan potensi agar bisa berkontrribusi secara maksimal untuk masyarakat. Oleh karenanya, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto bermaksud memfasilitasi kegiatan dalam acara “Workshop Alumni” bagi alumni FTIK dengan menghadirkan alumni FTIK yang sukses di bidang pendidikan dan di luar pendidikan.

Sebagai narasumber workshop alumni dalam kesempatan tersebut adalah Dr. Imam Satibi, M.Pd.I. Rektor IAINU Kebumen yang juga merupakan alumni Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto serta Dewi Susilawati, S.Pd.I Karyawan BRI Cabang Slawi yang juga merupakan alumni IAIN Purwokerto. Dalam kesempatan tersebut kedua narasumber memberikan motivasi kepada alumni FTIK agar menghilangkan rasa minder dan harus selalu optimis dalam melangkah setelah lulus. Selain itu kedua narasumber juga menceritakan kisah perjuangan setelah lulus kuliah yang membuat peserta workshop terdetak kagum sehingga seperti menambah semangat hidup. Salah satu peserta workshop mengungkapkan bahwa acara ini sangat bagus dan perlu diadakan setiap periode wisuda . (ftw)

Leave us a Comment