SOSIALISASI DAN PROMOSI FTIK KEPADA SISWA KELAS XII DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto mengadakan sosialisasi dan promosi kepada siswa SMA, SMK dan MA di Wilayah Kabupaten Banyumas pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2016 bertempat di Auditorium IAIN Purwokerto. Novan Ardi Wiyani, M.Pd.I. selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa panitia mengundang sekitar 10 sekolah di wilayah Banyumas untuk mengikuti acara ini. “kami mengundang sekitar 10 sekolah dan alhamdulillah antusiasme sekolah cukup tinggi terbukti dengan jumlah peserta yang datang hampir 100 peserta” ungkap Novan. Adapun tujuan acara ini yaitu untuk memperkenalkan FTIK kepada siswa kelas XII se Kabupaten Banyumas. Selain itu juga untuk memberikan pandangan sekaligus panduan kepada siswa tentang bagaimana cara memilih program studi sesuai minat dan bakat mereka.

Narasumber acara ini yaitu Kholid Mawardi, M.Hum selaku Dekan FTIK dan Dr. Fauzi, M.Ag. selaku wakil Dekan Bidang Akademik FTIK. Dalam pembukaan presentasinya Fauzi memberikan motivasi kepada siswa bahwa Indonesia masih membutuhkan banyak guru khusunya di luar Jawa. Guru merupakan profesi yang mulia karena bertugas untuk mencetak calon dokter, calon polisi bahkan calon pemimpin negeri ini. “sebagai fakultas yang bertujuan untuk mencetak calon guru profesional yang berkarakter, FTIK selalu berusaha untuk memperbaiki fasilitas baik itu kualitas Dosen dan ruang perkuliahan” tegas Fauzi. Untuk saat ini FTIK memiliki 7 Program Studi yaitu PAI, MPI, PBA, PGMI, PGRA, Tadris Bahasa Inggris dan Tadris Matematika. Dari 7 Prodi tersebut dua prodi terakreditasi “A” yaitu MPI dan PBA, dua prodi terakreditasi “B” yaitu PAI dan PGMI dan tiga prodi akan diakreditasi pada tahun 2017 dan 2018 mendatang.

Presentasi dilanjutkan oleh Kholid Mawardi, M.Hum. Dalam presentasinya kholid menyatakan bahwa FTIK telah mengirimkan mahasiswanya untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Thailand. “kami, FTIK bekerja sama dengan Thailand dan telah mengirimkan mahasiswa ke sana untuk PKL dan yang semester gasal kemarin dikirim adalah angkatan ke lima” ungkap Kholid. Selain dengan Thailand FTIK juga bekerja sama dengan Malaysia dalam hal pertukaran pelajar.

Peserta sosialisasi begitu antusias mengikuti acara tersebut. Banyak sekali pertanyaan yang mereka ajukan untuk mencari informasi tentang FTIK mulai dari bagaimana cara mendapatkan beasiswa, bagaimana sistem perkuliahannya dan bagaimana cara agar diterima di FTIK IAIN Purwokerto.(ftw)

Leave us a Comment