Tadris Matematika Hadirkan Dosen Tamu Beri Kuliah tentang Aljabar Matriks dan Program Linier

Purwokerto - Kuliah dosen tamu Program Studi Tadris Matematika UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto di ruang perkuliahan C-2 pada Sabtu (25/5/2024) menghadirkan 2 dosen tamu. Kedua narasumber merupakan dosen matematika yaitu Seftina Diyah Miasary, M.Sc. (UIN Walisongo Semarang), dan Novita Eka Chandra, M. Sc. (UNISDA Lamongan).

Materi pertama pada kuliah dosen tamu disampaikan oleh Seftina Diyah Miasary, M.Sc. yaitu materi "Aplikasi Aljabar Matriks dalam kehidupan sehari - hari". Mahasiswa Tadris Matematika semester 2 sebagai peserta kuliah sangat antusias mengikuti perkuliahan yang berlangsung pukul 08.00 hingga 10.00 WIB tersebut. Isi dari materi yang disampaikan dosen tamu mengenai kegunaan Aljabar Matriks dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dalam bidang aktuaria, asuransi kendaraan bermotor, metode bonus - malus, metode multistatus, rantai Markov dan kriptografi. "Kriptografi sendiri menggunakan matriks untuk mengamankan sandi agar tidak diketahui oleh orang lain, selain pengirim dan penerima. Inilah salah satu fungsi strategis aljabar matriks, " jelas Seftina Diyah Miasary, M. Sc.

Pemaparan materi kedua kuliah dosen tamu disampaikan oleh Novita Eka Chandra, M.Sc. Materi "Studi dan Implementasi Program Linear" disampaikan kepada mahasiswa Tadris Matematika semester 4. Dimulai pukul 10.00 WIB hingga dua jam kuliah berlangsung, seluruh mahasiswa antusias mengikuti hingga akhir. Isi dari materi kuliah mengenai pemaparan Program Linear dalam materi pelajaran, serta implementasi Program Linear programming pada aplikasi POM QM for Windows.

Koordinator Program Studi Tadris Matematika, Fitria Zana Kumala, M.Sc. menyampaikan bahwa perkuliahan dosen tamu menghadirkan narasumber dari UIN Walisongo Semarang dan UNISDA Lamongan dengan topik-topik menarik yang dibahas dalam kuliah tamu ini untuk lebih meningkatkan pemahaman dan mengasah kemampuan mahasiswa berkaitan dengan materi Aljabar Matriks dan Program Linier.

MF

Blog Attachment

Leave us a Comment