Kegiatan Kuliah di Luar Kelas, PGMI Adakan Study Excursion ke Yogyakarta

image_url

Yogyakarta – Sebanyak 170 mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mengadakan kegiatan kuliah di luar kelas pada Selasa (12/12/2023) ke Yogyakarta. Study Excursion atau wisata studi kali ini merupakan pelaksanaan 2 mata kuliah sekaligus, yaitu Media dan Sumber Belajar MI/SD serta mata kuliah Biologi. Dosen pengampu mata kuliah Media dan Sumber Belajar MI/SD, Maghfira Febriana, M.Pd., serta dosen pengampu mata kuliah Biologi, Aziz Kurniawan, M.Pd. dan Irma Dwi Tantri, M.Pd. yang diwakili oleh Dr. Siti Sarah, M.Pd. turut mendampingi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan studi ke Yogyakarta ini, mahasiswa berkesempatan mengunjungi Museum Biologi UGM dan Taman Pintar Yogyakarta. Pada setiap tempat yang dikunjungi tersebut, mahasiswa dapat mengeksplorasi banyak ilmu baru serta sumber belajar yang tidak dapat dijumpai ketika kuliah di kelas. Mahasiswa sibuk mencari data dan menelusuri sumber belajar untuk dijadikan laporan penugasan mata kuliah baik secara individu maupun kelompok.

“Kegiatan studi atau kuliah di luar kelas ini merupakan salah satu upaya dari kami selaku dosen untuk membukakan wawasan sekaligus memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar menggali ilmu sebanyak-banyaknya baik di dalam maupun luar kelas. Kami sampaikan kepada mahasiswa bahwa Indonesia ini kaya, Indonesia ini raya, jangan hanya puas belajar dari kelas di kampus saja, namun perlu juga mencari dari sumber-sumber lain yang tentunya banyak bisa kita dapatkan di luar kampus. Apalagi sekarang kampus kita telah menerapkan MBKM, sudah saatnya praktik nyata Merdeka Belajar ini kita realisasikan,” tutur Maghfira Febriana, M.Pd., dosen pengampu mata kuliah Media dan Sumber Belajar MI/SD.

(MF)

Blog Attachment

Leave us a Comment