Ramah Tamah Dekanat dan Mahasiswa dalam “FTIK Menyapa”

image_url

Purwokerto – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Saizu Purwokerto mengadakan kegiatan “FTIK Menyapa” secara online melalui zoom meeting pada Rabu (6/12/2023) pukul 19.30. Kegiatan ramah tamah, perkenalan, dan saling sharing tersebut dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Kabag TU, Kasubag Keuangan, para Koorprod, dan mahasiswa FTIK khususnya mahasiswa semester 1 serta para aktivis organisasi mahasiswa fakultas.

Acara dimoderatori oleh Wakil Dekan I, Dr. Suparjo, M.A. Dekan FTIK, Prof. Dr. Fauzi, M.Ag. menyampaikan beberapa materi tentang 6 modal mencari ilmu, tipologi mahasiswa, hal-hal yang perlu dihindari mahasiswa, sosok lulusan ideal, ciri sukses studi, dan kiat sukses studi.

“Memperbanyak membaca buku dan jurnal, rajin mengikuti kuliah serta aktif, dan memahami aturan akademik secara menyeluruh menjadi beberapa cara yang dapat ditempuh mahasiswa untuk mengawali sukses studi,” tutur Dekan memberikan penjelasan.

Tidak hanya pemaparan materi saja, namun terdapat sesi diskusi dan tanya jawab antara pimpinan fakultas dengan mahasiswa. Istilah “gendu-gendu rasa” menjadi hal yang menambah keakraban suasana diskusi online malam itu. Beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan dan diberikan tanggapan baik oleh Dekan maupun Wakil Dekan.

Salah satu pertanyaan dari mahasiswa yaitu tentang pos atau jumlah beasiswa bagi mahasiswa. “Apakah setiap kenaikan semester ada kenaikan jumlah/ pos beasiswa untuk mahasiswa?” pertanyaan dari Khoirul Umah.

“Jumlah beasiswa menyesuaikan keadaaan untuk setiap periodenya, tujuan pemberian beasiswa adalah untuk memberikan dukungan bagi mahasiswa untuk berprestasi lebih baik lagi. Jadi bagi mahasiswa yang kemarin mendapat beasiswa tahfidz 5 juz misalnya, diharapkan dapat terus meningkatkan hafalannya. Hal yang perlu diingat juga, jangan sampai tujuan utama menghafal Alquran untuk mendapat beasiswa saja, beasiswa itu hanya bonus, berkah dari kita menghafal Aquran,” jelas Wakil Dekan I memberikan tanggapan.

Penjelasan lain terkait SKPI dan dosen PA juga dipaparkan dalam diskusi tersebut. Tidak ketinggalan informasi PPG yang diberikan oleh koorprodi PPG, Sony Susandra, M.Ag. menjadi pembuka mata tentang wawasan pendidikan profesi guru bagi mahasiswa baru FTIK.

Kegiatan “FTIK Menyapa” ini menjadi salah satu upaya bagi fakultas lebih dekat dengan mahasiswa. Selain sebagai forum silaturahmi juga sebagai wadah diskusi menampung ide dan saran menjadikan FTIK semakin maju di masa mendatang.

(MF)

Blog Attachment

Leave us a Comment