SISWA BIMBINGAN MAHASISWA FTIK-IAIN PURWOKERTO BERHASIL MERAIH PRESTASI LOMBA BAHASA INDONESIA DI THAILAND

image_url

Dalam amanatnya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dr. Kholid Mawardi, M.Hum., saat melepas mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto menyatakan bahwa mahasiswa FTIK-IAIN Purwokerto di Thailand tidak hanya diberi tugas untuk mengajar dan mengabdi sebagai bagian tugas pokoknya, tetapi juga harus bisa memotivasi murid-murid di Thailand untuk bisa menguasai ilmu pengetahuan dengan baik, serta berprestasi. Di sinilah, mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto harus terus mengajar dan memberikan pendampingan dan bimbingan agar murid-murid yang kan di ajar di Thailand bisa mengukir prestasi.

Atas amanat ini, maka mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto melakukan pendmpingan intensif pada siswa-siswa dari Ma’had Al Bi’that Ad Diniyah Yala untuk mengikuti Lomba Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing yang (BIPA) diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendampingan dan bimbingan dilakukan secara intensif oleh mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto selama sebulan lebih.

Para mahasiswa menceritakan suka-dukanya bahwa membimbing siswa Thailand untuk menguasai kemahiran bahasa Indonesia membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kami pun melakukan berbagai metode dan pendekatan yang kreatif. Mulai dari mengajarkan bahasa Indonesia dengan bernyanyi, bermain, sampai yang serius dengan metode keterampilan bahasa. Setelah siswa ada peningkatan kemampun penguasaan bahasa Indonesia yang baik, kemudian kami mengikutkan siswa bimbingan kami untuk mengikuti lomba BIPA.

Hasilnya, pada Rabu 06 Desember 2017 dalam kegiatan lomba yang diselenggarakan di Darool Ulum School Satun Thailand Selatan, siswa bimbingan mahasiswa KKN-PPL IAIN Purwokerto berhasil menyabet banyak juara. Para juara tersebut adalah Fahmeesabeela Doloh sebagai Juara I Mengeja, Suhaini Kalong sebagai Juara I Puisi, Huda Doloh sebagai Juara I Pidato, dan Nadeeyah Saekawe-on sebagai Juara III Pidato,  dan para pemenang ini adalah hasil dibimbingan mahasiswa KKN-PPLIAIN Purwokerto.

Atas prestasi yang diraih siswa bimbingan mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto ini, Kepala Ma’had Al Bi’that Ad Diniyah Yala mengungkapkan rasa senang dan terima kasih pada mahasiswa FTIK-IAIN Purwokerto karena kehadirannya mampu membuat siswa menjadi semangat belajar, terutama belajar bahasa Indonesia, dan meraih banyak prestasi di bidang bahasa Indonesia. Harapan kepala sekolah semoga ke depan FTIK-IAIN Purwokerto terus bekerja sama dengan Ma’had Al Bi’that Ad Diniyah Yala, sehingga terus bisa membantu dalam mengembangkan prestasi dan pendidikan bahasa Indonesia di Ma’had Al Bi’that Ad Diniyah Yala (Liputan Cesilia Prawening, mahasiswa PIAUD-IAIN Purwoerto)

Leave us a Comment