Sebanyak 120 Guru RA dari Wilayah Jawa Barat dan Banten akan Mengikuti Program PPG dalam Jabatan 2018 di FTIK IAIN Purwokerto

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan– Sebanyak 120 guru Raudlatul Athfal dari Wilayah Jawa Barat dan Banten akan mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan tahun 2018 di FTIK IAIN Purwokerto. Guru-guru RA yang berasal dari Kabupaten Cirebon, Tasikmalaya, Serang, Tangerang, Ciamis, Lebak dan Indramayu ini akan mengikuti PPG selama kurang lebih 4 bulan.

Dr. Rohmat, M.Ag., M.Pd. selaku koordinator pelaksana PPG FTIK IAIN Purwokerto mengatakan bahwa sekitar 120 guru RA yang mengikuti PPG di FTIK merupakan hasil seleksi dari tiap-tiap Kabupaten di wilayah Jawa Barat dan Banten. Mereka merupakan guru pilihan dari daerahnya masing-masing. “Mereka datang ke FTIK IAIN Purwokerto untuk berjuang menjadi guru RA yang professional” Ucap Rohmat.

Program Pendidikan Profesi Guru di FTIK IAIN purwokerto merupakan program Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan kompetensi guru RA melalui sertifikasi guru. Program PPG tahun 2018 di FTIK merupakan program PPG untuk guru-guru daerah khusus (gurdasus). Program PPG Gurdasus ini diberikan kepada guru yang berada pada wilayah minim jaringan internet.

Sementara itu teknis pelaksanaan PPG di FTIK IAIN purwokerto untuk guru-guru daerah khusus ini dilaksanakan secara tatap muka. Sesi pertama program diisi dengan pendalaman materi ke RA-an selama kurang lebih lima belas hari kemudian dilanjutkan dengan lokakarya selama kurang lebih dua puluh dua hari.

Kegiatan praktik lapangan akan dilaksanakan setelah lokakarya selesai. Kegiatan PPL akan dilaksanakan di beberapa RA di wilayah Banyumas dan Purbalingga. Adapun kualifikasi RA yang akan menjadi tempat PPL mahasiswa PPG adalah yang terakreditasi-B. dalam kegiatan PPL ini mahasiswa akan terbagi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing sekitar 10 mahasiswa. (ftw)

Leave us a Comment