Revitalisasi Progresif, Inspiratif, dan Kreatif: DEMA Adakan Pelantikan Pengurus Baru Komunitas se-FTIK

image_url

Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas IAIN Purwokerto menyelenggarakan Pelantikan Komunitas se-FTIK pada hari Jumat, 19 Maret 2021 di Gedung Student Center (GSC) IAIN Purwokerto, dengan tema “Revitalisasi Nilai Organisasi dalam Membangun Komunitas FTIK Progresif, Inspiratif, Kreatif”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Hj. Sumiarti, M.Ag , selaku Wakil Dekan III FTIK, selain itu juga dihadiri oleh DEMA Fakultas dan Seluruh Komunitas FTIK. Tujuan acara Pelantikan Komunitas se-FTIK ini yaitu demi menciptakan kepengurusan baru agar dapat merancang program baru serta sebagai bentuk pergantian kepengurusan.

Iin Kamilatika, ketua kegiatan menyampaikan bahwa, pelantikan merupakan agenda dari Kementerian Dalam Negeri DEMA FTIK, ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh kami guna membentuk roda organisasi baru atau kepemimpinan baru, dan sepatutnya memang di organisasi itu mutlak adanya. Tema yang ada dalam kegiatan ini yaitu “Revitalisasi Nilai Organisasi dalam Membangun Komunitas FTIK Progresif, Inspiratif, Kreatif” Harapannya kepengurusan baru ini dapat progresif atau berkemajuan /visioner dalam menjalankan organisasi, Inspiratif yaitu dorongan untuk melakukan sesuatu, lalu Kreatif yaitu mampu membuat sebuah agenda/ program kerja yang sudah ada dengan konsep baru.

Nailurrobikh, ketua dema FTIK menyampaikan bahwa, makna dari Pelantikan bukan hanya berarti sebagai formalitas pendistribusian jabatan, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri, dalam upaya peningkatan kompetensi Pengurus baru, ke arah tercapainya sumber daya handal dan profesional.

Harapannya komunitas mampu membuat program kerja yang benar-benar inovatif terlebih sekarang dimasa pandemi semoga dana yang dikucurkan ditahun ini benar-benar digunakan untuk kegiatan masing-masing komunitas, dan berharap adanya kompetisi antara komunitas satu dengan yang lain agar menjadi yang terbaik serta bisa dikenal di fakultas lain ataupun hingga taraf kampus.

Ibu Sumiarti, Wadek lll menyampaikan bahwa, pengurus itu adalah pelayan mahasiswa, namun di sisi lain menjadi pengurus merupakan sebuah reward bagi diri sendiri karena dari banyaknya mahasiswa yang menjadi pengurus hanya sedikit (orang yang terpilih) sehingga patut dibanggakan. Dan semoga kepengurusan baru sekarang ini dapat mengimplementasikan nilai-nilai pada tema kegiatan ini, yaitu progresif, inspiratif, kreatif. (Chaeruni Widi Astuti)

Leave us a Comment