PROGRAM BARU BELAJAR BAHASA ARAB DAN INGGRIS DARI MAHASISWA KKN-PPL INTERNASIONAL FTIK IAIN PURWOKERTO

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguaruan, Kamis 22 Januari 2018, Bakong Pittaya School mengadakan program baru yang menarik, yaitu hafalan kosakata dan kalimat pendek bahasa Arab dan Inggris setiap apel pagi. Program ini digagas oleh mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto.

Untuk hafalan bahasa Arab dipandu oleh Anastya Nida, mahasiswa jurusan bahasa Arab. Untuk hafalan bahasa Inggris dipandu oleh Ahmad Syaefi, mahasiswa Prodi Agama Islam bilingual. Melalui dua mahasiswa itu, siswa Bakong Pittaya School belajar bahasa Inggris dan Arab secara kreatif dan menyenangkan.

Menurut penggagas kegiatan ini, Ahmad Syaefi, tidak bisa dipungkiri bahwa yang harus dilakukan ketika belajar bahasa asing adalah dengan menghafal kosakatanya dahulu. Untuk itu, kami memasukan program belajar bahasa Inggris dan Arab ini pada apel pagi. Dan kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah.

Setelah tiga minggu berjalan, banyak tanggapan positif dari segenap guru dan karyawan sekolah. Dan hasilnya kemampuan kosakata bahasa Arab dan Inggris siswa meningkat bagus. Belajar bahasa Inggris dan Arab pun menjadi lebih mudah bagi siswa.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah apel pagi, dimulai dari pengampu yang memberikan kosakata, dan semua menirukan sampai beberapa kali. Setelah itu para dewan sekolah mengabsen dan memanggil siswa untuk mengucapkan kata yang baru diajarkan. Esok harinya, siswa kembali mengulang mengucapkan kosakata yang diajarkan sampai hafal. Jika sudah hafal akan diajarkan kosakata dan kalimat baru.

Dari sini, ternyata siswa tidak saja belajar bahasa Inggris dan Arab, tetapi juga belajar bahasa Indonesia. Karena pengampu memberikan makna dalam bahasa Indonesia.  Dan setiap dua minggu sekali, kosakata yang sudah diajarkan akan ditempel di mading agar siswa mengetahui dan semakin hafal. Dari program kegiatan ini, siswa-siswa Bakong Pittaya School semakin berkembang kemampuan bahasa Arab dan Inggrisnya.

Redaksi FTIK.

Leave us a Comment