PERAN PENTING MAHASISWA KKN-PPL FTIK IAIN PURWOKERTO DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI THAILAND

image_url

Dalam suatu obrolan sederhana, kepala Bakong Pittaya School yang berada di Nongchik, Pattani, ini memaparkan bahwa pihak sekolah sangat senang dengan keberadaan mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto. Keberadaan mahasiswa telah membuat sekolah tambah maju. Berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan membuat murid-murid di sini semakin giat belajarnya, dan prestasi pun banyak diraih, dan sekolah sangat senang.

Untuk itu, keberadaan mahasiswa KKN dan PPL IAIN Purwoketto di Thailand merupakan nilai tambah tersendiri bagi sekolah, salah satunya Bakong Pittaya School yang berada di Nongchik, Pattani. Sekolah yang memiliki program Tahfidzul Qur’an sebagai program unggulan, setelah ada mahasiswa KKN-PPL ini langsung murid yang menjalani program ini dibimbing langsung oleh mahasiswa, yaitu Ahmad Syaefi dan Anastya Nida Alhana. Atas bimbingan ini, murid-murid sangat senang dan bisa melaksanakan program Tahfidzul Qur’an dengan baik.

Program ini dilaksanakan ba’da maghrib dengan menyetorkan hafalan terlebih dahulu, dan pembimbing menyimak, setelah semua selesai, dilanjutkan dengan semakan Al-Qur’an. Untuk sekarang ini program ini diikuti oleh 6 anak yang keseluruhan tinggal di asrama pelajar. Metode yang digunakan yaitu dengan cara membacakan terlebih dahulu surat yang mau dihafalkan agar murid tau tajwidnya terlebih dahulu, baru mereka menghafalkan, juz yang dihafalkan dimulai dari juz 30 terlebih dahulu.

“Ini merupakan program yang masih relatif baru, kita akan coba tingkatkan lagi dengan mendatangkan guru dari Indonesia,” kata Usman Toktayong S.Pd selaku pimpinan sekolah. Bakong Pittaya School merupakan sekolah yang terdiri dari annuban (TK) sampai mathayyom (sekolah atas) dan siswa yang ikut program tahfidz ini merupakan satu kelas yang dinamakan hong king (kelas unggulan) yang ada di Mathayyom (SMP dan SMA). Di sinilah keberadaan mahasiswa KKN-PPL FTIK-IAIN Purwokerto memberikan peran penting dalam perkembangan dan kemajuan sekolah di Thailand, terutama Bakong Pittaya School yang berada di Nongchik, Pattani (Red. Eftik)

Leave us a Comment