Olimpiade Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Purwokerto

Olimpiade PAI ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen PKOR (Pendidikan, Kemahasiswaan dan Olah Raga) Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam), dengan tema PAI sebagai Teropong Implementasi Pendidikan di Indonesia”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peran PAI dalam potret pendidikan di Indonesia saat ini pada tingkat SMA/SMK/MA khususnya daerah se-Banyumas dan Purbalingga. Peserta didik terpilih dari masing-masing sekolah merupakan siswa unggulan yang di usungkan dalam mengikuti Olimpiade PAI ini. Setelah kegiatan ini, diharapkan tumbuhnya motivasi pada diri siswa bahwa mempelajari Pendidikan Agama Islam juga sangat berperan dalam pertumbuhan pendidikan Indonesia.

Selain itu, Olimpiade PAI ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2016. Yang mana dimaksudkan untuk menggali potensi akademik siswa terutama dalam pengetahuan agamanya, memotivasi semangat pelajar untuk bersaing sehat dan intelektualitas.

Kegiatan ini berjalan lancar dengan jumlah peserta 75 siswa terpilih dari … sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Banyumas dan Purbalingga. Dan sebelunnya, pada tanggal 4 Mei 2016 telah diadakan TM (Technical Meeting) di ruang Microteaching 1, IAIN Purwokerto. dimana pesertanya merupakan para pendamping atau perwakilan dari guru sekolah masing-masing datang dan melakukan administrasi jam 08.00 WIB dan acara dimulai jam 09.00 WIB. Peserta TM sangat antusias dalam menanyakan teknis pelaksanaan olimpiade.

Pada tanggal 7 Mei 2016, acara pembukaan Olimpiade PAI di buka oleh Sekjur PAI yaitu Nurfuadi, M.Pd.I yang bertempat di Auditorium Utama IAIN Purwokero. Sedangkan olimpiade berlangsung di 4 ruang gedung H. Hasil olimpiade selanjutnya di nilai oleh Tim Formatur sebagai penanggug jawab terkait soal-soal yang dibuat khusus untuk Olimpiade PAI kali ini. Setelah itu diperoleh hasil penilaian lembar jawab dari Tim Formatur yaitu :

  1. Juara I : Nurul Istiqomah dari MA MINHAJUT THOLABAH
  2. Juara II : Sofiyulloh dari SMK WIWOROTOMO
  3. Juara III : Aqiel Sifa’ Abdallah Putra dari MAN 2 Purwokerto

Leave us a Comment