MAHASISWA KKN PPL THAILAND MENGABDI DALAM PERAYAAN 80TH BAKONG PITTAYA SCHOOL

image_url

Selasa  19 Februari 2019 Bakong Pittaya School menggelar perayaan harlah yang ke 80 tahun. Untuk memperingati perayaan tersebut pihak sekolah menyebar sebanyak 20 ribu undangan, sehingga para  tamu undangan berhamburan datang untuk ikut berpartisipasi  dalam memeriahkan acara tersebut. Undangan yang disebar meliputi bagian-bagian dari pejabat tinggi, masyarakat umum serta instasi sekolah yang berjumlah 400 sekolah.

Perayaan tersebut dihadiri oleh para pejabat tinggi negara Thailand, diantaranya yaitu para kyai-kyai besar, gubernur provinsin Pattani, wakil kementrian agama dan panglima tentara Thailand.

Mula-mula pra acara didisi dengan alunan an-nasyid dari grup hadroh an-najah purtri yang mana adalah para siswa dari Bakong Pittaya School. Grup hadroh yang dibina oleh saya “ucap Ni’matul Khoeriyah”.Setelah itu penampilan selanjutnya adalah pentas seni dari siswa an-Nuban (setara dengan sebutan TK di Indonesia) yang  membawakan storry telling dengan tema Raja Thailand.

Tibalah diacara pembukaan yaitu diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya yang partama, pembacaan doa bersama atau muqodima. Kedua, pembacaan ayat suci al-Qur’an atau yang disebut tilawatil qur’an yang mana saya mahasiswa KKN PPL ditunjuk langsung untuk mengalunakan kesenian khas dari Indonesia. Semua hadirin mendengarakan dengan khidmat dan seksama kala itu, karena kesenian qiro’ah atau tilawatil qur’an ini sangat berbeda.

Negara Thailand tidak banyak orang bisa melantunkan ayat suci al-Qur’an dengan penerapan rumus yang ada. Kalaupun ada yang bisa melakukannya, itupun mereka adalah orang yang pernah pergi ke Indonesia untuk belajar atau mereka  yang sengaja belajar dengan orang Thailand yang pernah pergi ke Arab. Sedangkan di Indonesia banyak sekali orang bisa melantukan bacaan tersebuat.

Ketiga, diisi dengan rangkaian sambutan-sambutan yang disampaikan oleh pemilik hajat, yaitu petinggi Bakong Pittya School serta dari kalangan gubernur, panglima tentara dan wakil kementrian agama Thailand.

Kami dari KKN PPL angkatannn IX berkumpul di Bakong Pittaya School dan ikut serta meramaikan perayaan 80tahun. Malampun semakin dengan banyaknya tamu undangan. Kami terbagi di lima sekolah yang berbeda, diantaranya adalah Ni’matul Khoeriyah dan Esa Atifa bertepatan di Bakong Pittaya School, Siti Aisyah dan Meisi Wulandavia di JISDA, SayyidatiNovia dan Fatih Panji Nilam di Thamvittaya Mulinity School, Basuni di Al-Falah School,dan Iftah Bahrol Ulum di Songserm Islamic School.

Mahasiswa KKN PPL angakatan IX memecahkan suasana dengan membawakan lagu yang sangat terkenal dikalangan warga Indonesia. Diantaranya adalah, kami membawakan lagu HYMNE GURU yang mana  adalah lagu yang selalu mengingatkan kami bagaimana besarnya jasa seorang guru kepada murid-muridnya. Selain itu kita juga membawakan lagu yang penyanyinya sangat kondang  di kalangan Warga Thailand maupun Indonesia, yaitu lagu Ya Mulana dari Nissa Sabyan.  Lagu jawa nasional yang berjudul GUNDUL-GUNDUL PACUL dikenalkan oleh kita juga dengan memberikan penjelasan makna dari lagu tersebut. Di pertengan penampilan kami diatas panggung, sesekali kami ngobrol dan bercada tawa dengan para host dan para hadirin tentang budaya Indonesia. Para hadirin pun meminta kami untuk menyanyikan lagu melayu Thailand, dengan senang hati kami mengalunkan lagu yang berjudul DIA yang sering kami dengarkan disini

(ni’matul khooeriyah)

Leave us a Comment