MAHASISWA KKN PPL THAILAND IAIN PURWOKERTO MENYAMBUT ROMBONGAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DI JAMI’AH ISLAM SYEKH DAUD AL-FATHANI

image_url

Sabtu, 26 Januari 2019 mahasiswa KKN PPL Internasional Thailand IAIN Purwokerto ikut serta menyambut kedatangan rombongan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang datang mengunjungi Jamiah Islam Syekh Daud A-Fathani (JISDA). Kunjungan tersebut adalah salah satu program dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang sudah berjalan selama dua periode ini, yaitu  Praktik Pelatihan Managerial (PPM) Malaysia-Thailand.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor JISDA, beberapa jajaran rektor dan beberapa dosen lainnya. Dari UIN Sunan Kalijaga sendiri dihadiri oleh 2 dosen dan 34 mahasiswa. Sehubungan dengan JISDA adalah salah satu kampus yang ditempati oleh mahasiswa KKN PPL Internasional Thailand IAIN Purwokerto, maka beberapa mahasiswa yang sedang KKN PPL pun ikut dilibatkan dalam acara tersebut, di antaranya yaitu Aisyah, Atifa, Meisi, Nikmah, Nilam, dan Sayyidati. Mereka ditugaskan sebagai penyambut tamu sekaligus memperkenalkan diri sebagai mahasiswa KKN PPL Internasional Thailand dari IAIN Purwokerto, dan dua di antaranya lagi ditugaskan menjadi pembawa acara, yaitu Nilam dan Aisyah.

Dalam pelaksanaannya acara berlangsung dengan lancar yakni dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh masing-masing pihak. Dari pihak JISDA diwakili oleh Prof. Dr. Abdul Rasyid Hamiyae selaku rektor JISDA dan dari pihak UIN Sunan Kalijaga diwakili oleh Dr. Aninditya Sri Nugraheni selaku ketua program studi PGMI. Dalam sambutan tersebut Prof. Dr. Abdul Rasyid Hamiyae menyatakan rasa bahagianya karena dari UIN Sunan Kalijaga sudah memilih JISDA menjadi salah satu tempat yang dikunjungi, dan berharap kunjungannya membawa manfaat untuk mereka para mahasiswa yang mengikuti PPM.

Setelah selesai sambutan dari masing-masing pihak, mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga diberi kesempatan untuk bertanya terkait PPM. Salah satu di antaranya, Toyib Rahman Hakim, “Apakah mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga bisa juga mengikuti program KKN PPL Internasional Thailand seperti mahasiswa dari IAIN Purwokerto?” tanyanya. “Tentu saja bisa, akan tetapi ada dua syarat yang harus dipenuhi, dua syarat tersebut yaitu: 1) mengadakan MOU dengan pihak sekolah yang akan ditempati; 2) menghubungi pihak Konsulat Jenderal Indonesia di Songkhla”. Jawab Ustadz Qosim

Di penghujung acara tersebut Dr. Aninditya Sri Nugraheni menyampaikan beberapa hal, di antaranya adalah harapan besarnya untuk bisa menjalin MOU dengan pihak JISDA sehingga ke depannya UIN Sunan Kalijaga mampu menyelenggarakan berbagai program lainnya, seperti salah satunya adalah program KKN PPL yang ada di IAIN Purwokerto. (St. Aisyah)

Leave us a Comment