MAHASISWA KKN-PPL INTERNASIONAL FTIK IAIN PURWOKERTO MEMBERIKAN PENJELASAN MENGENAI FENOMENA ALAM GERHANA BULAN UNTUK SISWA-SANTRI DI THAILAND

image_url

Rabu, 31 Januari 2018 menjadi hari istimewa karena bertepatan dengan terjadinya fenomena alam gerhana bulan. Maka, malam hari itu, diakhir bulan januari, fenomena gerhana bulan bisa dialami di manapun, termasuk di Indonesia dan Thailand.

Dan di Thailand Selatan, tepatnya di Ma’had Al-Bi’that Ad-Diniyah Yala, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Thailand Selatan, mahasiswa KKN-PPL FTIK IAIN Purwokerto ikut bergabung dengan pihak sekolah dalam Sholat Sunah Gerhana Bulan bersama siswa dan santri yang dilaksanakan di Masjid Asrama Putra.

Di awali dengan Sholat Isya berjamaah, setelah selesai sholat Isya, Ustad Adnan, yang merupakan salah satu pengasuh asrama, memberikan arahan terkait tata cara Sholat Sunah Gerhana Bulan. Sholat Sunah Gerhana Bulan pun dilakukan dengan khusyuk dan hikmat sebagai tanda syukur terhadap kebesaran Allah SWT yang ditunjukkan melalui fenomena gerhana bulan ini.

Usai Sholat Sunah Gerhana Bulan, dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Ahmad Chana, yang menyampaikan bahwa momen gerhana bulan ini haruslah dimanfaatkan untuk banyak beramal sholeh dan berdoa serta bertafakur terkait hari kiamat, sehingga semua jamaah semakin meningkatkan iman dan ibadahnya pada Allah SWT.

Diakhir malam, selesai Sholat Sunah Gerhana Bulan selesai, para santri asrama diperbolehkan melihat bulan melalui teleskop yang disediakan pihak sekolah. Di sinilah, mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto berperan dalam membimbing para siswa dan santri untuk menggunakan teleskop dengan benar, serta memberikan penjelasan tentang fenomena alam gerhana bulan, baik dalam perspektif Islam maupun ilmu pengetahuan.

Menurut Indah Istiqomah, salah satu mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto, santri dan siswa sangat antusias dengan penjelasan teman-teman mahasiswa. Mereka semakin senang dan takjub saat menggunakan teleskop untuk menyaksikan fenomea alam ini. Santri dan siswa pun saya yakin sekarang paham dengan fenomena alam gerhana bulan setelah mendapatkan penjelasan dari kami.

Ustad Ahmad Chana menambahkan bahwa keberadaan mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto, yang bisa menjelasakan fenomena alam gerhana bulan, baik dari aspek sains dan Islam telah memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru bagi siswa dan santri. Ini membuat Sholat Sunah Gerhama Bulan kali ini sangat hikmat, khusyuk, dan istimewa karena santri dan siswa mendapatkan pemaham langsung dari mahasiswa KKN-PPL Internasional FTIK IAIN Purwokerto. Redaksi FTIK

Leave us a Comment