MAGMA- Komunitas SIGMA

image_url

MAGMA- Komunitas SIGMA

 

Alhamdulillah, atas restu Allah SWT kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, yakni kegiatan MAGMA-Makrab Bareng SIGMA dengan tema STATISTIKA-Satukan Tujuan, Tekad, dan Impian dalam Keakraban. Ini merupakan kegiatan pertama mahasiswa prodi Tadris Matematika (TMA) yang berlangsung selama dua hari (4 Mei – 5 Mei 2016) lalu. Kegiatan ini diadakan untuk melatih diri dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam berorganisasi. Kegiatan makrab ini menjadi tumpuan dan acuan bagi mahasiswa prodi TMA dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Kegiatan ini diselenggarakan atas nama komunitas SIGMA, dimana komunitas itu sendiri adalah komunitas yang pertama terbentuk dalam prodi TMA.

Pembukaan acara MAGMA dibuka oleh ibu Dr. Mutijah, S.Pd., M.Si. pada hari Rabu 4 Mei 2016 di GSC IAIN Purwokerto. Disambung dengan pemateri pertama mengenai keorganisasian oleh saudari Teguh Amanah (ketua DEMA FTIK). Dan pemateri kedua oleh ibu Dr. Mutijah, S. Pd., M. Si. mengenai KKNI dan kurikulum prodi TMA. Malam harinya dilanjutkan dengan sholat berjama’ah sekaligus muroja’ah bersama. Dalam menciptakan keakraban, pada hari Rabu malam diisi dengan kegiatan penampilan pensi, diselingi nobar video kreatif dari mahasiswa TMA.

Kamis paginya, diawali dengan sholat shubuh berjama’ah. Dengan antusias kami melaksanakan senam pagi bersama sebagaimana kita tahu, ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Nah, acara selanjutnya adalah outbond yang paling di tunggu-tunggu. Sebelumnya, untuk menyemangati acara itu ada sesi tukar kado. Banyak kado yang tak terduga yang didapatkan masing-masing peserta, sehingga tampak kegembiraan pada hari itu. Disini kita belajar untuk saling menerima satu sama lain. Dalam kegiatan outbond tersebut tidak lepas dari unsur matematikanya, yang berupa angka-angka. Tidak lupa di akhir acara itu kami melakukan pengujian mental yang sifatnya tegas tetapi menghadirkan canda dan tawa. Dan inilah serangkaian kegiatan makrab dari TMA yang menjadi pengalaman tak terlupakan serta menjadi acuan kegiatan selanjutnya.

Kegiatan ini Alhamdulillah mendapat respon-respon yang sangat baik dari PA (Penasihat Akademik) TMA, Ibu Dr. Mutijah, S.Pd., M.Si., juga dari teman-teman SEMA-F, DEMA-F, HMJ PM, dan HMPS PGMI, serta saudara kandung kami dari Tadris Bahasa Inggris.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini direspon baik oleh bapak Kholid Mawardi, M.Hum. (Dekan FTIK IAIN Purwokerto), “Saya sangat senang dengan semangat kalian mengadakan kegiatan ini padahal baru semester dua”. “Semakin banyak kalian mengikuti dan mengadakan kegiatan yang sifatnya kompetitif, itu sangat menunjang keakreditasian TMA”, sambungnya. (St/Rn)

 

 

 

Kata TMA tentang MAGMA:

Arif Prayogo– “Tanpa aku, kamu takkan menjadi kita. Tanpa kamu, aku takkan menjadi kita. Kebersamaan ini akan tetap menjadi milik kita jika aku tetap bersamamu.”

Rani Resmi Khasanati– “Tetap semangat teman-teman TMA karena dalam semangat semua proker 80% berhasil. Semoga acara MAGMA (Makrab Bareng SIGMA) bisa dilaksanakan setiap ajaran baru.”

Eka Nurul Puspita– “Kebersamaan membuat kita merasa lebih meskipun dihadapan kita sebenarnya kurang.”

Kholidun Nasrulloh– “Orang yang sukses adalah orang yang bisa berguna untuk orang lain.”

Wilhanus Sundusi– “Paling berkesan saat dimarahin mba Isti dan dijemur kaya GESEK.”

Mandala Yulianto– “Aset yang berharga setelah agama dan keluarga adalah keakraban yang dibungkus dengan tawa.”

Anggun Imasrini– “Will be better.”

Irfan Hidayat– “Thank you very much MAGMA. Saya harap acara ini menjadi awal kesuksesan kita. Aamiin.”

Eni ERnawati– “Keakraban yang sesungguhnya adalah ketika cacian dan hinaan sudah kita anggap sebagai becandaan.”

Slamet Pamuji– “Awal dari kesenangan adalah kebersamaan dan akhir dari kesenangan adalah perpisahan.”

Lutfi R.- “Makrab kali ini merupakan makrab yang penuh dengan warna-warna suka-cita, keluh kesah dan merupakan kegiatan pertama dan menjadi cerminan untuk kita untuk kegiatan berikutnya.”

Lina Wafa– “Ketika hidup harus memilih diantara dua pilihan. Maka kita harus jalani pilihan kita dengan penuh keikhlasan.”

Muna Afifah– “Indahnya keakraban bersama SIGMA tersayang. MAGMA datang kami senang.”

Alfinah– “Kebahagiaan akan hadir dalam kebersamaan tetap juga kekompakan dan tali persaudaraan.”

Aulia N. F.- “Terkadang KEBAHAGIAAN itu dari hal konyol yang tak terduga. Never give up!”

Wildan Abadi– “Jangan hanya mengikuti sejarah orang lain, tapi ciptakanlah sejarah untuk diri sendiri. Moto: Suatu gagasan tanpa tindakan adalah nol.”

Siti Awaliyatul Munawaroh– “Bahagiaku ketika kau tersenyum meskipun hanya sebungkus nasi tak apa kalau itu bersamamu terasa kenyang.”

Rizqi Oktaviana– “Kebersamaan membuat kita mengerti satu sama lain saling melengkapi dan menerima satu sama lain.”

Nur Kamala Laeli– “Keakraban itu timbul ketika kita merasakan susah senang bersama seperti yang telah kita praktekkan pada acara MAGMA kita kali ini.”

Istiqomah– “Buah kebahagiaan itu seperti akar langit yang mengumpulkan kita bersama di bawah atap yang sama bareng TMA.”

Arien M. P.- “Lakukan apa yang BAIK, BUKAN apa yang mudah.”

Lutfi Apriyana– “Semua tentang kita, we are best friend forever.”

Titi Shokhifatul– “Bersama itu mengerti keberadaan satu sama lain.”

Shora Ayu– “Seulas senyuman akan menghadirkan kebahagiaan.”

Zaenurrohman– “Kebersamaan adalah suatu momen yang bisa dijadikan kesenangan.”

 

 

Leave us a Comment