Diskusi Dosen, “Exploring Teachers Perspectives and Teaching Practices on The Relation between Sciences and Religion.”

image_url

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto mengadakan kegiatan diskusi dosen kedua secara online melalui zoom pada Selasa, 23 Maret 2021 dengan narasumber Dr. Suparjo, S.Ag., M.A. Adapun diskusi pertama telah diselenggarakan pada 9 Maret 2021 lalu dengan Dr. H. Suwito, M.Ag sebagai narasumber. Kegiatan ini merupakan agenda rutin di FTIK mulai semester genap yang diselenggarakan tiap dua minggu sekali.

Tema diskusi “Exploring Teachers Perspectives and Teaching Practices on The Relation between Sciences and Religion” dipaparkan menarik oleh narasumber melalui tayangan presentasi dan penjelasan lisan. Inti dari pemaparan materi mengulas pembelajaran yang mengaitkan antara sains dan agama. Dr. Suparjo, S. Ag., M.A. mengatakan, “Ilmu agama merupakan dasar pengembangan ilmu. Ilmu umum adalah instrumen pengembangan peradaban. Ilmu agama dan umum saling melengkapi menjadi satu kesatuan dasar berkehidupan.”

Kegiatan diskusi dihadiri oleh 31 dosen. Abdal Chaqil Harimi, M.Pd.I sebagai moderator diskusi memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pendapat. Diskusi berjalan interaktif, diawali pertanyaan yang disampaikan oleh Maulana Mualim, kemudian mendapat tanggapan langsung dari narasumber. Pertanyaan lain disampaikan oleh Dr. Siti Sarah dan Dr. H. Suwito, M. Ag. juga turut serta memberikan pendapat.

Adanya kegiatan diskusi dosen rutin ini diharapkan dapat membangun atmosfer akademik yang lebih baik lagi. Semua dosen baik di lingkungan FTIK maupun dari luar, diharapkan mampu berpastisipasi aktif dalam kegiatan diskusi. Ke depan, kegiatan diskusi menjadi agenda rutin yang akan terus diselenggarakan sebagai bentuk upaya memberikan fasilitas kepada dosen-dosen untuk saling berbagi ilmu.

Leave us a Comment