Mahasiswa FTIK Antusias Mengikuti Workshop Metodologi Penelitian

image_url

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto pada tanggal 14 dan 16 Mei 2016 telah sukses menyelenggarakan Workshop Metodologi Penelitian untuk mahasiswa. Menurut M. Nurhalim, M.Pd. selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah membekali mahasiswa terkait teknis dan mekanisme penelitian. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas lulusan khususnya dalam bidang penelitian, “Upaya peningkatan kualitas mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto menjadi penting seiring dengan dinamika serta problematika sistem pendidikan. Berbagai upaya perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas mahasiswa. Diantara indikator meningkatnya kualitas mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto adalah adanya peningkatan kualitas penelitian baik dari segi tata tulis, susunan kalimat maupun ide penelitian yang diajukan” imbuh Halim.

Dr. Fauzi, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang akademik dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keterbatasan pengalaman mahasiswa dalam melakukan penelitian sangat dipengaruhi oleh keterbatasan kompetensi dalam melakukan penelitian serta keterbatasan kesempatan untuk melakukan kegiatan penelitian. Sehingga ketika mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian mengalami kesulitan. Kendala yang biasa dihadapi oleh mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir kuliah (skripsi) adalah bagaimana cara menggali ide dan menentukan jenis penelitian yang akan dilakukan.

WEB 2

Mahasiswa terlihat serius mengikuti workshop di kelas masing-masing

Kegiatan tersebut seolah menjadi angin segar bagi mahasiswa FTIK khususnya yang akan mengambil mata kuliah skripsi. Hal tersebut terbukti dengan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegitana tersebut sangat besar. Kegiatan diawali dengan seminar metodologi penelitian dengan narasumber Dr. Umi Zulfa, M.Pd. dosen IAIIG Cilacap yang diikuti oleh 127 mahasiswa FTIK. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan workshop dengan narasumber dosen-dosen FTIK sejumlah 8 orang. Mahasiswa dibagi 8 kelompok dengan tiap kelompok rata-rata 17 mahasiswa. (Ftw)

Leave us a Comment